Friday 9 November 2012

Semangat Belajar dengan Belajar Kelompok

           Nama saya Hendra Pardosi, saya seorang mahasiswa di STMIK Palcomtech masuk Tahun Ajaran 2009 kelas malam yang sedang menjalani semester tujuh. Dimana saat-saat semester tujuh ini adalah mulai proses perkuliahan  yang sangat memeras pikiran dan waktu. Karena semester ini hampir setiap mata kuliah ada tugas atau projek untuk ujian tengah semester (UTS) dan tugas akhir untuk UAS nati. Belum lagi ditambah penyusunan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan bulan November 2012 kemarin. Sebenarnya dari semester dua saya kuliah sambil bekerja. Tetapi setelah masuk semester tujuh ini saya berpikir untuk berhenti bekerja dahulu, untuk maksud fokus ke perkuliahan dahulu.
Biasanya saya bangun setiap pagi karena akan berangkat bekerja. Tapi sudah beberapa minggu masuk semester tujuh saya selalu bangun kesiangan. Itu dikarenakan tidurnya setiap hari jam hampir jam 4 subuh. Karena habis pulang kuliah setiap malam saya tidak langsung tidur,tetapi langsung menghidupkan netbook untuk mengerjakan tugas mata kuliah apa yang akan dikumpul besok sebab setiap hari ada tugas dan diselingi dengan game. Bila belum selesai juga tugas itu di kerjakan maka besok siangnya akan diselesaikan sebelum berangkat ke kampus. Jikalaupun tidak ada tugas untuk besoknya saya akan mencoba menyusun laporan PKL yang di mulai dari Pendahuluan di Bab I atau mengerjakan projek tugas-tugas akhir mata kuliah lainnya.
Tetapi saya terkadang mempunyai kendala untuk mengerjakan tugas-tugas ini sehingga sempat membuat kejenuhan. Maka saya berpikir akan mengerjakan tugas-tugas ini bersama teman-teman lainnya ibarat sepeti belajar kelompok. Menurut saya belajar kelompok seperti bagus karena bermanfaat, yaitu dapat memotivasi semangat belajar antara teman satu dengan lainnya. Saling berbagi informasi dan pengetahuan antara teman. Teman yang pandai dapat mengajari dan menularkan kepandaiannya kepada teman lainnya sehingga akan menjadi seperti suatu sebuah diskusi.
Mungkin untuk ke depannya saya dan teman-teman akan mencoba belajar kelompok seperti ini supaya penyelesaian tugas-tugas dan laporan kami ini lebih cepat dan bisa bersamaan selesainya sebelum tenggat waktu yang ditentukan oleh dosen. Dan kami semua berharap agar tahun depan kami bisa lulus kuliah dengan hasil yang bagus.
Semangat belajar untuk kita semua teman-teman!!
:)

0 comments:

Post a Comment